.......SUGENG RAWUH.........

Jumat, 11 November 2011

NCBI ( National Center of Biotechnology Information )

NCBI
NCBI merupakan server yang memuat data base tentang informasi kesehatan dan bioteknologi. Data base terus menerus di update sesuai dengan penemuan-penemuan terkini yang menyangkut DNA, Protein, Senyawa aktif dan taksonomi. NCBI merupakan salah satu bank data gen, protein dan literature khususnya dibidang kesehatan yang terlengkap dan diacu oleh para peneliti di dunia. National Center of Biotechnology Informatic adalah bagian dari Amerika Serikat National Library of Medicine (NLM), sebuah cabang dariNational Institutes of Health . Para NCBI terletak di Bethesda, Maryland  dan didirikan pada tahun 1988 melalui legislasi disponsori oleh Senator Claude Pepper. 
Status Sequence NCBI Baca Arsip (SRA)


Setelah pengumuman pada Februari 2011 yang NCBI berencana untuk phase out SRA karena kendala pendanaan, dukungan NIH telah disediakan yang akan memungkinkan kelanjutan dari SRA. NCBI akan terus beroperasi SRA sebagai arsip utama NIH tinggi-throughput data sequencing dan sebagai bagian dari kemitraan internasional arsip di NCBI, Eropa Bioinformatika Institute dan Database DNA Jepang. Data yang disampaikan kepada salah satu dari tiga organisasi yang dibagi di antara mereka.

Para SRA adalah mengelola tinggi-throughput data sequencing dari penelitian besar yang didanai oleh NIH Institut. Para SRA juga akan terus arsip tinggi-throughput data sequencing yang berkaitan dengan:

    1. RNA-seq, data CHIP-seq, dan epigenomic yang disampaikan kepada GEO
    2. Genomik dan transcriptomic majelis yang disampaikan kepada GenBank
    3. 16S ribosomal RNA data yang terkait dengan metagenomics yang disampaikan kepada GenBank


Ini adalah kebijakan NCBI untuk membuat data publik yang tersedia, termasuk yang di SRA, tersedia untuk orang lain untuk redistribusi sehingga mereka dapat memberikan layanan nilai tambah, seperti set alat untuk menganalisis data dan antarmuka alternatif. NCBI akan terus bekerja pada pendekatan baru untuk penyimpanan yang optimal dan pengambilan data sequencing mentah dan keberpihakan mereka.
 
Manfaat NCBI

Pusat Informasi Bioteknologi Nasional (NCBI)  , telah didirikan sejak tahun 1988 sebagai sebuah sumber nasional untuk informasi biologi molekuler. NCBI membuat database yang dapat diakses secara umum, mengembangkan alat bantu software untuk menganalisis data genom dan menyebarkan informasi biomedik yang semuanya untuk pemahaman yang lebih baik terhadap proses molekuler yang berdampak pada kesehatan dan penyakit manusia. NCBI adalah sebuah lembaga maya yang sangat berguna untuk menyediakan sekaligus tempat untuk menelusuri informasi berharga. Beberapa database yang tersedia di NCBI dan dapat dipertanggungjawabkan meliputi database bank gen skuens DNA yang mengandung lebih dari 9.103.000 skuens nukleotida yang tercatat pada Oktober 2000, database model molekuler (Molecular Modeling Database = MMDB) yang terdiri dari struktur tiga dimensi protein sebagai alat bantu visualisasi dan analisis perbandingan, serta database pola pewarisan mendel pada manusia (Online Mendelian Inheritance in Man = OMIM) yang merupakan katalog bagi kelainan gen dan genetik pada manusia.
            Keuntungan yang diperoleh baik oleh guru maupun siswa adalah bahwa NCBI telah mengembangkan sebuah cara yang sederhana untuk menganalisis dan mengakses semua informasi ini. ”Entrez” adalah sebuah sistem untuk pencarian dan menemukan kembali yang mengintegrasikan urutan nukleotida, urutan protein, dan struktur makromolekul seluruh genom, serta literatur ilmiah. Keuntungan sistem ini adalah bahwa semua database ini saling berhubungan satu dengan yang lain seperti terlihat pada gambar 3. Sebuah kemungkinan mengakses dengan mudah sekuens protein, memperoleh literatur protein tersebut, pengujian secara klinik terhadap kelainan protein yang diperoleh dari penyakit cacat, dan menganalisis lokasi gen pada kromosom, semuanya dapat dilakukan dengan klik pada sebuah tombol. Hal ini merupakan sebuah cara yang yang tersedia di NCBI yang sangat berguna untuk memulai menganalisis sejumlah informasi yang tidak masuk akal.

sumber : http://www.ncbi.nlm.nih.gov/ .
 http://www.ncbi.nlm.nih.gov/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar